Sunday, August 09, 2015
0
Halo, aku mau curhat.
Kek tulisan-tulisan sebelumnya, mungkin temen-temen udah ngerti sedikit tentangku. Namaku Neea. Iya, benernya emang Nia. Unsur huruf dobel 'e' ini karena sejak aku SD, banyak yang berpikiran aku centil karena namaku Nia. Nama Neea itu sendiri gara-gara temen SMPku punya nama plesetan 'Veea', so sometimes my friends also called me Neea and that was the beginning of it.

Aku ngga suka centil, bukan berarti aku sendiri tomboy. 
Aku akui aku cengeng, aku punya temen centil, aku suka benda-benda lucu, aku takut serangga, meskipun aku nyaman memakai kaos berlapis jaket dengan bawahan jeans. Aku pernah juga pake sepatu berhak, aku pernah pake rok, intinya, penampilanku mungkin ngga seperti apa aku sebenernya.

--
 
Aku suka main game.
Ini yang membuat semua orang ngirain aku tomboy. Tapi kebanyakan aku ngga peduli gimana tanggapan mereka. 

Game itu identik dengan dunia cowo. Selain game, aku juga lebih suka nonton anime yang open world seperti ciri khas anime cowo. Bukan berarti aku ngga suka anime cewe, ya, aku suka anime sesuai ceritanya. Mau seganteng apapun cowo di suatu anime tapi anime dia jelek, I won't watch it.
Punya hobi yang kebanyakan digelutin cowo bikin aku banyak punya temen cowo, berawal dari SD kelas 5... (dan temen cowo ini masih ada di 1 net yang sama sama tempat yg aku sering main sekarang - meskipun aku cenderung bersikap ngga kenal). Dari SD kelas 5 ini, aku semakin punya banyak temen cowo ampe sekarang. Ada yang jadi sahabat, ampe ada juga yang udah kaya adek atau kakak pungut. Aku sendiri pernah dimarahin orang tuaku karena aku punya temen cowo. Konon dahulu kala, orang tuaku melarang aku dan saudara-saudaraku buat punya temen lain jenis.

Deket sama cowo itu bikin aku kadang berpikiran kaya cowo.
Aku pernah berpikiran kenapa ngga cewe duluan yang menyatakan cinta (dimana saat itu hal ini masih dianggap tabu gara-gara gengsi cewe segitu gedenya). Aku pernah nanya sesuatu yang feminis dan maskulin. Bahkan cara pikirku dulu itu ya cara pikir yang ngga ada beban. Kalo aku suka, aku jalanin. Kalo aku rasa itu ngga ada manfaatnya dan aku ngga suka ya aku tinggalin. Orang-orang banyak memanggilku 'cuek ngga berhati' pada masa-masa ini.

Iya, jujur aku ngeliat cowo itu kaya ngga ada beban. Mereka itu makhluk ceria gimanapun situasinya.
Waktu aku ngobrol-ngobrol dengan temen ceweku, kita punya sesi dimana sesi itu sesi curhat. Ya masalah cowolah, keluargalah, sekolahlah, macem-macem ampe yang ngga penting juga dibahas. Rasanya ribet sekali dan aku pernah bertanya ke mereka,
"Kalo cowo-cowo ngobrolin hal yang sama ngga ya kaya kita?"
Mereka ada yang menjawab.
"Ngga tau aku loh."
"Mereka ya ngomonginnya cewe. Cewe cakep dimana-mana."
"Apa cuma ngebahas cewe tok?"
"Ya kalo ngga palingan bahas mainan."

Cewe dan mainan. Kok kaya ngga ada beban?
Itu juga asumsi cewe anak SMA jaman dahulu.

Aku masih beranggapan cowo itu makhluk ngga berbeban ampe .... tahun-tahun ini.
Mungkin akunya aja yang ngga peka atau emang loadingnya lama ampe baru sadar T.T

Aku ngerasain gimana jadi cowo waktu mereka khawatir ke orang yang disayangi. Aku ngerasain gimana mereka khawatir tentang masa depan karena di tangan cowo-lah suatu keluarga menjadi taruhannya. Aku juga ngerasain ternyata mereka punya masalah-masalah kecil yang juga dihadapin cewe. Cuma cara nanganinnya berbeda. Cewe cenderung dibesarin, tapi cowo meskipun masalahnya mungkin lebih besar, mereka mencoba nanganin dengan cara kecil tapi bisa nanganin masalah yang besar. Singkatnya, efektif.

--

Cowo itu bukannya ngga ada beban.
Mereka cuma lebih ahli buat nunjukin ke orang lain kalo mereka itu kuat. Tapi belum tentu mereka tampil kuat dengan orang-orang terdekatnya.

Cowo itu hebat.
Semua manusia pasti berusaha untuk membuat orang yang mereka sayangi bahagia. Tapi, selama aku mendengarkan curhat dari teman-temanku dari kedua gender ini, cewe lebih cenderung ngomong, "Apa dia ngga tau gimana usahaku buat bikin dia bahagia?"
Cowo.... hampir ngga pernah ngomong kaya gitu...
Mereka lebih sering ngomong, "Aku kudu ngapain supaya dia bahagia?"
Padahal, banyak usaha yang udah mereka lakuin buat si cewe.
Aku pribadi ngakuin kalo aku pernah ngucapin hal yang sama seperti yang cewe-cewe ucapin. Dan.. aku yakin kalo cowo yang menyayangimu pasti ngerti gimana usahamu menyayangi dia.. sementara itu, kamu sendiri jarang bisa ngerasain usaha apa yang dia lakuin buatmu. Keduanya sama-sama berkorban... tapi kalo dilihat lagi, ternyata cewe sering nyakitin hati cowo yang dia sayang.. seolah-olah cowo yang menyayangimu ini ngga pernah ngelakuin apapun untukmu.

Bukan berarti aku berpendapat kalo cewe itu ngga hebat. Keduanya itu ciptaan Tuhan yang sempurna. Sempurna berarti hebat.
Hanya aja aku kagum dengan cowo. Mereka terus berusaha untuk orang-orang yang disayangi dengan terus tampil seolah-olah tanpa beban. Cowo yang menyayangimu yang ada di hadapanmu sekarang mungkin memiliki pikiran yang berkecamuk dengan masalah-masalah yang dia hadapin, tapi dia masih bisa berusaha tetep fokus untukmu. I'm not a mind-reader (and am not wishing to be one), jadi memang aku lambat buat tau apa yang mereka lakukan untukku. 

Tapi, cuma dengan mikirin kalo cowo-cowo ini ternyata berusaha untuk membuatku bahagia tanpa pamrih, tanpa berharap aku tau usaha apa yang udah mereka lakuin.... cuma dengan mikirin hal ini doang, bisa bikin aku sedih.. Betapa egoisnya dan lambatnya aku..


Dedicated for the men I love the most... My father, my brother, and my love.
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment