Tuesday, March 24, 2015
0


Good day!




Tentang bisnis online shopping yang merajalela karena bisnisnya relatif ngga ada modal.

Dibilang ngga ada modal ini karena bener-bener ngga ada modal. Ngga seperti bisnis lainnya, kalo owner bisnis yang udah ada nama (dan kepercayaan), pelanggan ngga segan-segan buat menyetorkan uangnya terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan barang yang diinginkan.

Tapi, dapet nama dan kepercayaan ini ngga segampang itu bruh.

Mari berbagi pengalaman. Aku termasuk orang yang “kalo ngga nyaman, ya aku ngga akan stay”, dan sifat ini keknya menjalar ke kebiasaan sehari-hari, termasuk make pakaian. Dari kecil, baju yang cocok ya seputar itu-itu aja, piyama, kaos atau jaket. Udah. Ampe buluk itu pakaian gara-gara pakaian itu-itu doang yang aku pake. Mau semahal apapun baju yang dibeliin kalo bahannya ngga nyaman, aku ngga akan pake. Sekali pake dan ngga nyaman, aku bakal bilang maaf ke orang yang membelikan kalo aku ngga suka bahannya.

Diomelin? Ya tentu aja diomelin. Perempuan tapi bajunya dekil alias ngga fashionable. Tapi ya gimana lagi, nyamannya kaya gitu T.T

Alhasil, untuk merayakan hari raya, aku memutuskan untuk mencari sendiri baju yang ingin aku kenakan. Dan sepertinya, aku masih sering makenya ampe sekarang alias ngga mubazir.

--

Balik lagi ke-membangun nama dan kepercayaan. Ini susah, soalnya kalo ngga berani mencoba, kita ngga akan dapet yang mana supplier yang berhak kita kasih kepercayaan. Berikut ciri-ciri supplier yang berhak mendapatkan kepercayaan kita buat mencoba bergelut di bidang online shop:

  1. Supplier dengan tingat kepercayaan tertinggi.
Biasanya supplier-supplier gini ngga usah promo tapi orang-orang udah dateng ke dia. Dia punya website yang up-to-date, atau aktif mengupload barang-barangnya ke situs-situs yang dia punya, dan sekali update itu hampir ada aja orang yang beli.
  1. Supplier ramah.
Pelanggan itu manusia juga, bruh. Wajar kalo ngomel-ngomel nyariin kepastian barangnya. Dan kalo supplier-mu kamu omelin eh dianya ngga bisa bales dengan ramah, no. It’s a big no. Kualitas dari barang yang kamu pesen bisa terlihat dari owner bisnis tersebut.
  1. Fast response.
Semua orang punya kesibukan, termasuk supplier. Mereka ngga selalu langsung response, apalagi supplier yang belum punya customer service, alias mereka sendiri yang handle pelanggan. Fast response supplier emang nilai plus-plus, tapi kalo mereka ngga bisa merespon dengan cepat, carilah supplier yang bersedia untuk minta maaf atas keterlambatan responnya.
  1. Fast progress.
Barang yang kita pesen digarap dengan cepet. Pesen senin, senin malem udah jadi, besok kirim. Duh, supplier idaman.
  1. Good quality.
Yang cepat dan kualitasnya bagus emang jarang ada. Kalo kualitas bagus ini mau ngga mau kita harus nyoba dulu salah satu produknya atau liat dari testimonial pelanggannya. Tapi, terkadang testimonial ini ngga objektif. Karena, testi yang terpampang bisa disortir oleh owner. Yah, kalo bisa cari yang testinya ala kadarnya, seperti testi dari gadget twitter (mungkin?)
6. Supplier jujur.
Supplier yang begini kalo item yang dijual lagi abis ya dia bilang abis. Ada yang cacat ya bilang cacat. Bahan enak ya bilang bahannya enak. Jarang yang begini? Iya jarang. Jarang bukan berarti ngga ada, keep trying!
  1. Supplier yang mau dibawelin alias sabar.
Kebayang ngga sih misal kita pesen barang dan mungkin saking antusiasnya, kita nanyain macem-macem ke suppliernya? Bahannya apa gan? Halus ngga gan? Bisa dimakan ngga gan? Strawberrynya ready ga gan? Dll dsb. Supplier yang mau dibawelin, pasti sabar kalo ditanyain macem-macem sama pelanggannya, MESKI ujungnya ngga beli juga. 
  1. Supplier yang ngga jual barang terlarang.
Misal barang makanan yang kita pesen ternyata dikasi obat-obatan terlarang, atau malah mereka jualan obat-obatan terlarang. Ato malah jualan anak (wth?) Yang kek gini, mending hindarin aja guys. Jangan coba-coba beli barang terlarang. Meski yang tau hanya kamu dan suppliermu, inget, masih ada Dia yang tau segala-galanya.



Kapan-kapan berbagi tips lagi yaaa bruhbruh sistasista dan teman-teman. Semoga tipsnya berguna buat kita semuaaaa dan buat kamu-kamu yang pengen cari supplier >.<



 
Best regards!

hippo~

0 comments:

Post a Comment